Pesawat US Airways Mendarat Tanpa Roda Di New Jesrey

Pesawat US Airways Mendarat Tanpa Roda Di New Jesrey
Pesawat bernomor penerbangan 4560 yang dioperasikan Piedmont Airlines mendarat tanpa menggunakan roda hanya menggunakan lambungnya yang berkontak langsung dengan aspal landasan pendaratan, pada Sabtu (18/5) pukul 01.00 dini hari waktu setempat. Pesawat tersebut meninggalkan kota Philadelphia pada 11.00 waktu setempat intuk menuju New Jersey.

Pesawat tersebut membawa 34 orang yang terdiri dari 31 penumpang dan tiga awak pesawat. Pihak US Airways kemudian mengevakuasi korban selamat dengan menggunakan bus. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa pendaratan darurat ini.

Pesawat berpenggerak baling-baling (turboprop) tersebut gagal mengoperasikan gir guna menurunkan roda-rodanya menjelang pendaratan. Seperti yang dikatakan Juru Bicara US Airways, si pilot sudah berkali-kali mencoba menggerakkan gir untuk menurunkan roda, tapi gagal.

Akhirnya pilot tersebut memutuskan untuk mendarat dengan perutnya. Pendaratan yang berisiko memicu terbakarnya avtur pesawat ini mengakibatkan bandara ditutup lebih dari satu jam.